Showcases

Background Image

Salah satu tantangan dunia pendidikan Indonesia saat ini adalah tantangan untuk melakukan pengkajian secara komprehensif dan mendalam terhadap terjadinya transformasi (perubahan) struktur masyarakat, dari masyarakat yang agraris ke masyarakat industri yang menguasai teknologi dan informasi, yang implikasinya pada tuntutan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Selain itu Indonesia juga dihadapkan dengan munculnya kolonialisme baru di bidang iptek dan ekonomi menggantikan kolonialisme politik. Dengan demikian kolonialisme kini tidak lagi berbentuk fisik, melainkan dalam bentuk informasi. Berkembangnya teknologi informasi dalam bentuk komputer dan internet, sehingga bangsa Indonesia sangat bergantung kepada bangsa-bangsa yang telah lebih dulu menguasai teknologi informasi. Inilah bentuk kolonialisme baru yang menjadi semacam "virtual enemy" yang telah masuk keseluruh pelosok dunia ini.

Untuk menjawab tantangan di atas maka dibutuhkan pendidikan yang mampu menghasilkan output berkualitas, berdaya guna dan memiliki kompetensi, baik berkompetensi pada bidang masing-masing maupun kompetensi umum yang berupa kompetensi untuk berkomunikasi internasional (penguasaan bahasa internasional) dan kompetensi untuk memanfaatkan teknologi informasi (penggunaan komputer). Dalam menghasilkan output, dunia pendidikan harus dapat diwujudkan dengan proses pembelajaran yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang berwawasan luas, profesional, unggul, berpandangan jauh ke depan (Visioner), memiliki percaya dan harga diri yang tinggi. Untuk mewujudkan hasil di atas diperlukan strategi yang tepat, di antaranya adalah bagaimana strategi mengembangkan kompetensi pebelajar berdasarkan kemampuan, sikap, sifat serta tingkah laku, sehingga membuat mereka menyenangi pembelajaran.

Pembelajaran memiliki peran dalam menyediakan informasi dan pengembangan proses berpikir yang pada akhirnya dapat diharapkan perubahan perilaku pebelajar baik kognitif, afektif dan psikomotornya. Akan tetapi hasil akhir dari proses tersebut masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan atau tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam penguasaan teknologi informasi terdapat beberapa matakuliah dasar di perguruan tinggi yang memiliki peran sangat besar, seperti, Dasar-dasar Teknologi Informasi, Teknologi Informasi I, Teknologi Informasi II, dan Sistem Jaringan Informasi

 

Download Full Text

Powered by Amazing-Templates.com 2014 - All Rights Reserved.